Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Pembelajaran Civic Education Berbasis Kampus Merdeka Belajar Bagi Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah INSIDA Jakarta
(Sebuah Studi dari Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945)
Keywords:
Implementasi, Nilai-nilai Demokrasi, Civic Education
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai demokrasi dalam kuliah civic education ditengah kampus merdeka belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi, menafsirkan, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan penerapan nilai-nilai demokrasi dilakukan dengan memasukkan nilai-nilai demokrasi dalam silabus dan rencana program semester (RPS) meliputi toleransi, kerjasama, kebebasan berpendapat, saling menghormati, percaya diri dan model project based learning.
Published
2022-08-14
Section
Articles