Penerapan Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDIT Darul Hasani Bekasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya dan hasil belajar siswa kelas IV SDIT Darul Hasani Bekasi.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif kualitatif. Karena metode ini, menurut peneliti cocok dan relevan dengan objek penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah satu guru dan seluruh siswa-siswi kelas IV SDIT Darul Hasani Bekasi, yaitu berjumlah 29 siswa dan satu oran guru, data yang dikumpulkan berupa kualitatif dengan menggunakan beberapa instrument yaitu : Observasi, wawancara, dokumen dan tes.
Setelah melakukan analisa pada penelitian ini maka peneliti dapat mengetahui bahwa setelah diterapkan metode inkuiri, hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya pada kelas IV SDIT Darul Hasani tergolong cukup baik. Diperoleh nilai rata-arat sebelum penerapan metode inkuiri adalah 78,55 dan setelah diterapakan metode inkuiri adalah 89,31, sehingga dapat digambarkan bahwa rata-rata nilai siswa secara keseluruhan dalam satu kelas terdapat kenaikan yang cukup signifikan, yaitu : 89,31-78,55 = 10,76