Penerapan Model Pembelajaran Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IB Pada Mata PelajaranAl Qur’an Hadist Di MIS Fathan Mubina Banjarsari Ciawi Bogor
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Card Sort pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MI Fathan Mubina Banjarsari Ciawi Bogor, bagaimana hasil belajar mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MI Fathan Mubina Banjarsari Ciawi Bogor dan juga untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MI Fathan Mubina Banjarsari Ciawi Bogor. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan siswa kelas IB MIS Mubina Banjarsari Ciawi Bogor yang berjumlah 39 siswa dengan sebaran 21 laki-laki dan 18 perempuan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan wawancara dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu mengungkapkan data yang ada pada waktu penelitian dan digunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan serta peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Al Qur’an Hadits. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Model Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Al Qur’an Hadits, terlihat dari ketuntasan belajar siswa dari 64,10% menjadi 87,18 % dan juga dari hasil tes meningkat dari nilai rata-rata 66,10 menjadi 82,79 %